Cara Memanah

5 Kesalahan Umum Dalam Memanah dan Cara Benar Memanah

JIka Anda suka memanah dan merasa sering salah atau selalu tidak pernah memenah tepat sasran, mungkin ini alasannya : 5 Kesalahan Umum Dalam Memanah dan Cara Benar Memanah

Jika Anda sudah pernah ke kelas panahan, Anda mungkin pernah mendengar seseorang bertanya, “Mengapa arah panah saya tidak tepat di tengah?” Meskipun setiap tembakan hanyalah pembelajaran, namun masih ada rasa kurang puas karena tembakan anak panah tidak tepat di tengah!

Berikut 5 Kesalahan Umum Dalam Memanah dan Cara Benar Memanah

Sikap tidak konsisten

stance

Foto ini adalah contoh sempurna dari sikap terbuka yang benar. Salah satu atribut yang paling penting dari sikap Anda adalah konsistensi.

sikap Anda – di mana Anda menempatkan kaki Anda saat akakn memanah – adalah dasar untuk menembak Anda. sikap Anda harus solid dan konsisten untuk memanah.
Untuk memastikan sikap yang konsisten, menerapkan anak panah seperti contoh gambar di atas, di lantai di mana Anda berlatih. Jika Anda menggunakan sikap terbuka, misalnya, menempatkan posisi kaki seperti gambar, sehingga keselarasan kaki Anda dan posisi kaki akan sama untuk setiap tembakan.

Ingat, sikap Anda tidak hanya mempengaruhi posisi kaki, tetapi juga keseimbangan dan pusat gravitasi. Dengan membuat dasar yang solid , Akan dipastikan memanah akan lebih stabil untuk tembakan yang kuat.

Rotasi Siku (Elbow Rotation)

elbow-rotation
Rotasi siku yang benar adalah salah satu yang paling sederhana dalam memanah, tapi yang paling penting, keterampilan. Ini berarti menjaga busur lengan siku diputar lurus ke atas dan ke bawah saat menggambar busur dan melepaskan panah.
Jika busur lengan siku Anda  tidak berputar lurus, dapat banyak mengakibatkan masalah , termasuk siku bagian dalam yang memar dan panah membelok ke satu sisi dari target. Untuk mencegah masalah itu, putarlah siku Anda lurus sebelum menaikkan busur Anda.
Dengan menetapkan lengan busur siku dengan benar dari awal, dan mempertahankan posisinya selama tembakan, tubuh bagian atas Anda akan benar sejajar, yang menghasilkan tembakan yang kuat dan kelompok panah yang lebih baik di target.

Hook ( Posisi Jari di Bowstring)

hook

Peraih medali perak Olimpiade Jake Kaminski menunjukkan contoh tepat kait split-jari: satu jari di atas panah dan dua jari di bawahnya, dengan penekanan pada penempatan jari yang benar pada string.
Bila Anda menempatkan jari Anda pada tali busur, Apakah Anda benar-benar melihat posisi target? Atau apakah Anda hanya pegang tali busur secara asal dan mulai memanah? Terburu buru untuk menempatkan jari-jari Anda pada string adalah salah satu kesalahan memanah yang paling umum.
Mengaitkan tali busur dengan terlalu banyak dipegang oleh jari – atau di tempat yang salah pada jari – dapat menyebabkan banyak masalah. Masalah berkisar dari hilangnya target sepenuhnya bahkan jari menjadi lecet dan menyakitkan.
Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan jari Anda pada string untuk setiap tembakan persis seperti yang di foto atas, dan pastikan posisi tangan Anda relatif konsisten terhadap tali busur . Mengaitkan dengan benar dan konsisten menciptakan target yang akurat!
Anchor Point

anchor-point

Dalam foto ini, juara Olimpiade Ki Bo Bae dari Korea menunjukkan Anchor Point yang solid yang digunakan oleh pemanah menengah dan lanjutan: menempatkan tali busur ke bawah dagunya.
Untuk pemanah yang baru belajar, memanah secara konsisten bisa menjadi suatu tantangan. Anchor point letaknya berada tempat di wajah Anda – biasanya sudut mulut Anda atau tepat di bawah dagu Anda – di mana Anda menarik tali busur setiap kali.
Anchor Point yang tepat mencegah pemanah dari tangan bergematar, jika tidak tepat  akan membuat panah Anda terbang di arah yang berbeda.

Strong Shot 

strong-shot1

Paralympian Lee Ford adalah contoh yang bagus dari pemanah yang konsisten berfokus pada tembakan yang kuat.

Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh banyak pemanah adalah gagal untuk menyelesaikan tembakan dengan kekuatan. Sering terlalu cepat memenah dengan tembakan lemah. pemanah lain hanya berfokus pada cara memanah yang benar dan lupa untuk fokus juga pada gerakan otot yang tepat.
Tembakan yang lemah dapat menyebabkan tembakan rendah dan pengelompokan sisi ke sisi, tergantung pada apakah pemanah seorang kanan atau kidal. Untungnya, tembakan lemah mudah diperbaiki: Hanya mengubah fokus Anda.
Dengan berfokus pada teknik yang tepat pada waktu yang tepat, tembakan Anda akan lebih kuat dan kelompok Anda ketat dan lebih konsisten.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s